Ta-ko-ya-ki !

tau makanan Jepang yang namanya Takoyaki ini ???
yang belom tau , nih , sasa kasih tau ,,

Takoyaki adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.   Pada mulanya, takoyaki dijual dengan menggunakan tusukan bambu dengan isi 3 buah per tusuk. Tapi sekarang, apalagi di Indonesia biasa dijual rata2 berisi 4-10pcs/porsi dan biasa ditaruh di packingan dari kardus, karton atau plastik dan dapat kita makan menggunakan sumpit . Isi dari takoyaki sendiri juga macam-macam , yang pasti ada ya, gurita . terus kemarin saya barusan lihat ada yang jual takoyaki isi sosis dan udang . ^_^

Sejarah Takoyaki :

Di zaman Taisho sudah dijumpai kios pasar kaget yang menjual Choboyaki berupa goreng tepung terigu dengan isi konnyaku yang merupakan cikal bakal takoyaki. Choboyaki berkembang menjadi Rajioyaki yang berisi urat sapi dan bagian daging murah yang lain. Penganan disebut "rajioyaki" karena bentuknya yang bulat-bulat seperti tombol radio transistor pada waktu itu.
Pada tahun 1933, kios takoyaki bernama Aizuya menjual Nikuyaki yang merupakan variasi rajioyaki yang diisi dengan daging sapi. Pada tahun 1935, kios Aizuya yang mengambil ide dari Akashiyaki mulai mengisikan gurita dan telur ke dalam rajioyaki dan menyebutnya sebagai takoyaki.
Di sekitar tahun 1965-an, kios pasar kaget yang menjual takoyaki mulai bermunculan di daerah Kanto. Di pertengahan dekade 1990-an, Tokyo mengalami demam takoyaki yang dimulai oleh kios takoyaki bernama Kyōtako di daerah Shibuya. Di daerah Kyushu, perusahaan bernama Hatchandō menjual takoyaki secara keliling tapi sekarang berubah menjadi perusahaan penjual takoyaki sebagai makanan beku.
Sekitar tahun 2000, kios bernama Gindako yang berasal dari kawasan pasar Tsukiji, Tokyo sukses dengan sejumlah toko cabang yang dibuka di seluruh Jepang hingga bisa membuat makanan ringan dengan rasa takoyaki.

cara memasak takoyaki :

Bahan :
300 gr tepung tako (kalau gak ada , bisa pake terigu + baking powder)
2 butir telur
700 ml air
100 gr sayuran (kol, wortel)
150 gr tako (kalau gak ada ganti cumi)
tenkatsu (=tempura scraps)

Taburan:
nori biru
katsuoboshi (toping-nya; berbentuk parutan skipjack tuna)
daun bawang diiris kecil

Saus:
saus tako
mayonaise

Cara:
1. Campur semua bahan kecuali tako dan tenkatsu, aduk sampai licin.
2. Panaskan cetakan, olesi minyak, tuang adonan, taburi tako. Sesudah berkulit taburi tenkatsu dan balik -balik sampai membentuk bola dan matang. Lakukan sampai adonan habis
3. Penyajian: Tata tako, oles saos tako, taburi nori, beri mayonaise, taburi katsuoboshi dan daun bawang.
Nikmati hangat-hangat.
Masaknya harus pakek panggangan takoyaki , nih bentukknya kayak gini nih ,, :

kalau nggak ada , bisa pakai panggangan untuk kue lumpur . 

Soal rasa takoyaki, sih tergantung yang makan ,, kalo menurut sasa sih , takoyaki emang enakk !! (≧◡≦) wajib dicoba deh !! hehe , daritadi ngomongin takoyaki terus jadi laper nih ..
oh iya , contoh gambar takoyaki-nya ketinggalan !! . hehe ,, maaf maaf ,, (─‿‿─)\/



Sekian posting kali ini !!!
thank's for reading !! (✿◠‿◠)


sumber : wikipedia
             http://opiepippo.wordpress.com
             http://otakokhatulistiwa.wordpress.com

2 komentar:

  1. Mbak Sasa, gimana kalau lebih jelasnya admin minta diajak langsung merasakan di restoran Jepang gitu...

    BalasHapus
  2. hahaha,, >.<
    kapankapan saja min ,, :D

    BalasHapus

 
Top